Selasa, 04 Februari 2014

Tugas 1 II 3231 Interaksi Manusia dan Komputer dengan Antarmuka

Pada postingan kali ini, saya akan mencoba memaparkan tugas pertama saya mengenai Interaksi Manusia dan Komputer dengan Antarmuka. Pada tugas kali ini, saya diminta untuk mencoba membuat sebuah rangkaian dengan Arduino Uno di mana pengguna dapat mengontrol LED dengan pushbutton pada arduino.
Arduino sendiri merupakan mikrokontroller yang dibuat untuk desainer maupun artis.

Lalu, komponen apa saja yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian yang dapat mengontrol LED dengan pushbutton? Berikut ini adalah daftar komponen-nya.
  1. 1 buah Arduino Uno beserta kabel konektor USB
  2. 1 buah PC Laptop/ PC Desktop yang sudah terinstal Arduino IDE (http://arduino.cc/en/Main/Software)
  3. 1 buah Resistor 10 Kilo Ohm (Untuk pengaman)
  4. Kabel jumper secukupnya
  5. 1 buah Push Button
  6. 1 buah lampu LED
  7. 1 buah breadboard
Setelah Anda mendapatkan komponen pada daftar di atas, selanjutnya Anda dapat memulai membuat rangkaian pada Arduino. Berikut ini adalah cara kerja pembuatan rangkaian.
  1. Pasang rangkaian seperti pada gambar di bawah ini. Hati-hati dengan pemasangan lampu LED. Kutub positif di pin 12 dan kutub negatif di pin 13.
  2. Nyalakan PC Anda. Buka program Arduino IDE. Masukkan kode program di bawah ini. Kemudian klik tombol verify pada program Arduino IDE Anda.
  3. Apabila program telah terverifikasi, sambungkan Arduino ke PC dengan menggunkana kabel kontektor USB. Klik tombol Upload pada Arduino IDE. 
  4. Selanjutnya Anda dapat mencoba hasil rangkaian Anda.
Saat tombol belum ditekan, hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian, setelah pushbutton ditekan, maka hasilnya akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini.

Apabila pushbutton ditekan kembali, maka LED akan mati kembali.

Sekian saja pemaparan saya mengenai tugas ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Tunggu postingan saya selanjutnya.

Referensi :Banzi,Massimo.2011.Getting Started with Arduino, 2nd Edition.U.S.A:O’Reilly Media, Inc

Credits to : Allah SWT, kedua orang tua saya, Pak Soni (selaku dosen mata kuliah), teman kelompok (Luthfi Al Fikri, Michael Yurry, Ryan Adi Wicaksana dan Faris Taufiq Zaqiy), teman-taman angkatan STI 2011, blogger.com, serta siapapun yang telah membantu terlaksananya tugas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar