Rabu, 14 Maret 2012

The Power of Online Community

Jaman sekarang, teknologi berkembang dengan pesat. Khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa komunitas online yang berkembang di dunia maya menjadi suatu fenomena tersendiri yang menarik untuk dibahas.
 
Untuk membangun komunitas online di dunia maya, tentunya tidak mudah. Ada beberapa prinsip dasar yang diperlukan untuk membangun komunitas di Internet:
      1.       Sharing (Saling Berbagi dan tidak ada yang dirugikan)
      2.       Bermanfaat bagi user(pengguna)
      3.       Kesalingtergantungan
      4.       Dari ‘mulut ke mulut’
Kemudian hal yang penting pula adalah trik teknis dan trik non-teknis dalam membangun komunitas di dunia maya. Trik Teknis dalam membangun komunitas adalah pengembangan horizontal, di mana ketika user makin bertambah banyak dan kapasitas perangkat keras sudah tidak memadai, kita tinggal menambahkan server ataupun sesuatu yang kurang tanpa harus merombak ataupun mengkoding ulang seluruh sistem sehingga tidak ada yang namanya server down ataupun harus maintenance ulang. Trik non-teknis dalam membangun komunitas adalah kumpulkan user sebanyak mungkin, agar koumnitas dapat berjalan dengan sendirinya tanpa harus dikelola secara langsung oleh admin.
Untuk memudahkan pengelolaan suatu forum/komunitas di Internet, akan lebih baik jika sistem pengelolaannya dibagi menjadi 3 tingkatan : Admin, Super Moderator, dan Moderator
Berikut ini beberapa tips dalam mengembangkan komunitas/forum online :
      1.       Konsisten berbagi
      2.       Komunitas harus dapat menerima
      3.       Komunitas terus berkontribusi
      4.       Kembangkan jaringan komunitas
      5.       Terus berinovasi dan kembangkan kreativitas
Yang terakhir dari tulisan singkat ini. Pesan sponsor : Milikilah ‘Jiwa Kepemilikan’. Maksudnya jika kita telah berhasil membangun sebuah komunitas online, teruslah kembangkan komunitas tersebut dan perbanyak user seolah-olah kita merasa tidak memiliki apapun.

Sumber : Seminar “The Power of Online Community” tanggal 24 September 2011 oleh DKA – Comlabs USDI ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar